Tipe Dan Hasil Pengujian Dynamometer

Dynamometer merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur kekuatan mekanik, atau tenaga yang di transmisikan oleh sebuah mesin. Karena daya yang dihasilkan adalah hasil dari gaya balik (torsi) dan dari kecepatan sudut. Semua dynamometer pada dasarnya adalah untuk mengukur torsi, mengukur torsi, dan kecepatan poros yang diukur secara terpisah.

Komponen integral pada dynamometer adalah data acquisition atau yang biasa kita sebut data akuisisi. Sistem yang terdiri dari dua unit ini, yaitu operator kontrol (pemegang kendali) dan workstation yang dihubungkan melalui kabel ethernet. Pemegang kendali (control unit) merupakan sebuah komputer yang dioperasikan melalui software (perangkat lunak) berbasis windows, lalu mengeluarkan perintah ke workstation (unit yang dioperasikan dengan layar sentuh di dalam mesin). Workstation mempunyai peran untuk mengoperasikan sistem kontrol beban presisi, sistem kontrol throttle, mengumpulkan data, dan mengirimkannya ke control unit untuk di proses, disimpan, dan analisis.

dynamometer types

 

Dynamometer Types

Dynamometer di bagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Transmission Dynamometer

Transmission dynamometer (dynamometer serapan) merupakan dynamometer yang pertama kali memanfaatkan perangkat untuk mengukur torsi, yang memiliki kaitan dengan putaran elastis poros atau torquemeter khusus, yang disisipkan diantara bagian poros. Torsi tersebut dihasilkan oleh beban untuk penggerak utama mesin yang sedang dijalankan.

Transmission dynamometer juga menghasilkan torsi yang diukur dengan menggunakan perangkat pengekangan konstan pada putaran poros dengan friksi mekanis, induksi elektromagnetik, atau gesekan cairan.

  1. Chassis Dynamometer

Chassis dynamometer merupakan sebuah perangkat untuk melakukan pengujian dan pengukuran kecepatan konstan, beban jalan, dan kondisi kekuatan kendaraan. Pengujian dilakukan dengan memasangkan perangkat pengekangan dan memakaikan roller pada masing-masing as roda kendaraan.

Pengaplikasian chassis dynamometer biasanya digunakan untuk pengukuran emisi kendaraan, akumulasi milechassis dynamometer (MACD), pengujian bebas getaran keras (NVH atau “Acoustic”), pengujian kompabilitas elektromagnetik (EMC), tes akhir baris (EOL), pengukuran kinerja mesin dan tuning. Chassis dynamometer mempunyai tipe yang berbeda tergantung dengan jenis kendaraan karena ukuran roller pada setiap kendaraan berbeda-beda.

  1. Engine Dynamometer

Engine dynamometer adalah suatu perangkat uji mesin yang digunakan untuk mengukur kecepatan rotasi mesin (RPM) (kekuatan dari mesin untuk jadi tolak ukur kelayakan mesin). Perangkat ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan mesin misalnya, kalibrasi pengendali mesin, penyelidikan secara rinci mengenai perilaku dan tribology pembakaran mesin.

engine dynamometer

Engine dynamometer terbagi sesuai dengan jenis mesin yang digunakan seperti :

  • Gasoline Engine Dynamometer

Gasoline Engine Dynamometer merupakan sebuah perangkat uji mesin berbahan bakar bensin yang inovatif, digunakan untuk mengukur kecepatan rotasi mesin (RPM) dengan menggunakan sistem “dual drive” dan teknologi Linear Control Valve (LCV) yang baru sekaligus unik.

  • Diesel Engine Dynamometer

Diesel engine dynamometer merupakan suatu alat uji mesin kendaraan bermesin diesel yang dirancang agar melakukan pengujian dengan cepat dan mudah dipasang pada mesin pada basis tetap (mobile engine stand), yang memungkinkan hasil pengujian menjadi lebih akurat dan berulang dengan waktu penyiapan yang singkat. Memiliki sistem pengujian mesin industry kustom dan terjangkau dengan kualitas tinggi. Didukung dengan fitur-fitur canggih yaitu data akuisisi elektronik dan paket software pada komputer yang sangat mendukung proses pengujian dengan rasio harga yang belum pernah ada untuk dynamometer professional dan terkomputerisasi.

  • Small Engine Dynamometer

Small engine dynamometer merupakan sebuah alat uji mesin kendaraan yang digunakan untuk menguji mesin dari 2 sampai 100 horsepower (HP) dengan kecepatan hingga 14.000 rpm. Mempunyai daya tahan dan keakuratan yang sangat sesuai untuk kebutuhan industri otomotif saat ini.

Small engine dynamometer memiliki berat yang ringan dan tersusun dari perpaduan alumunium berkekuatan tinggi dan mengoperasikannya hanya dengan air bersih. Mempunyai fleksibilitas yang ekstrim sehingga sangat ideal digunakan pada mesin Go-Kart, outboard marine, dan sejenisnya.

Setelah mengetahui tipe-tipe dynamometer yang disajikan di dynamometer Indonesia, Untuk informasi harga sesuai dengan tipe dan jenis dari dynamometer yang kalian inginkan. JIka ingin tahu rincian harga dynamometer anda bisa langsung menghubungi kami di sales@testindo.com.

Dynamometer Indonesia – kami menjual berbagai macam type dynamometer dengan hasil pengujian (dynamometer test results) yang sangat akurat dan harga (price dynamometer) yang bisa kalian dapatkan setelah melakukan pemesanan kepada kami melalui email.




Produk Terkait dengan artikel Tipe Dan Hasil Pengujian Dynamometer

EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS