Mengapa Harus Menggunakan Transmission Dynamometer?

Sebelum saya memberitahu apa yang di maksud transmission dynamometer, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih dynamometer itu?

Dynamometer merupakan sebuah alat untuk mengukur kekuatan mekanik atau tenaga yang di transmisikan oleh poros mesin. Daya yang dihasilkan merupakan hasil dari torsi (gaya balik) dan kecepatan sudut. Pada dasarnya, semua perangkat dynamometer pengukur daya merupakan alat untuk mengukur torsi dan kecepatan poros yang diukur secara terpisah.

Dynamometer

Dynamometer juga mempunyai komponen integral adalah sistem data akuisisinya. Sistem ini biasanya terdiri dari dua unit, yaitu pemegang kendali dan workstation yang dihubungkan melalui kabel Ethernet. Pemegang kendali (control unit) merupakan sebuah komputer yang dioperasikan menggunakan basis Windows, lalu mengeluarkan perintah ke workstation yaitu sebuah unit yang dijalankan dengan layar sentuh di dalam mesin. Workstation berfungsi menjalankan sistem kontrol beban presisi dan sistem kontrol throttle, mengumpulkan data, dan mengirimkan hasilnya ke pemegang kendali untuk di proses, di simpan, dan di analisis untuk berbagai tujuan.

Sekarang saya akan menjelaskan apa sih transmission dynamometer? Dan mengapa harus memakai alat ini?

Dynamometer serapan yang biasa disebut dengan transmission dynamometer. Yang merupakan dynamometer yang pertama kali memanfaatkan perangkat lunak untuk mengukur torsi. Dengan putaran elastis poros atau torquemeter khusus yang disisipkan diantara bagian poros. Torsi tersebut dihasilkan oleh beban yang berguna sebagai penggerak utama motor yang sedang dipakai atau dijalankan.

Selain itu, transmission dynamometer menghasilkan torsi yang mereka ukur dengan menggunakan perangkat pengekangan konstan pada putaran poros dengan friksi mekanis dan gesekan cairan atau induksi elektromagnetik.

Untuk itu, sangat direkomendasikan untuk para pecinta dunia otomotif, para tuner, dan perusahaan otomotif. Karena, penggunaan yang cukup mudah dan tingkat akurasi yang tinggi menjadikan transmission dynamometer ini masih eksis sampai sekarang. Bagi para tuner, analisis mesin adalah hal yang paling penting sebelum memulai mengambil langkah selanjutnya pada kendaraan yang sedang ditangani. Dan untuk para masyarakat umum pecinta otomotif agar lebih efisien jika melakukan servis atau modifikasi kendaraan mereka.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan terpercaya penyedia dynamometer di Indonesia. Kami menjual berbagai macam type dynamometer dan salah satunya adalah dynamometer serapan atau transmission dynamometer ini. Untuk info lebih lanjut kalian bisa menghubungi tim kami langsung melalui fitur chatting interaktif yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui nomor telepon yang tertera pada website ini.




Produk Terkait dengan artikel Mengapa Harus Menggunakan Transmission Dynamometer?

Axiline 97000 Transmission Dyno
Axiline 97000 Transmission Dyno
Axiline 66K Transmission Dyno
Axiline 66K Transmission Dyno
Axiline 84000 Transmission Dyno
Axiline 84000 Transmission Dyno
Hicklin Edect Transmission Dynamometer
Hicklin Edect Transmission Dynamometer