Chassis Dynamometer Test (Dynotest) Untuk Motor Dan Mobil

Chassis Dynamometer merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengujian dan pengukuran kecepatan konstan, beban jalan, dan kekuatan dari mesin kendaraan tersebut. Kendaraan yang ingin diuji menggunakan chassis dynamometer akan dipasangkan perangkat pengekangan dan menggunakan roller pada setiap as rodanya untuk menguji kekuatan dan percepatan roda.

chassis dynamometer

Mesin akan disambungkan ke transmisi, lalu ke transfer-case dan ke axle differential. Oleh sebab itu, pengujian ini menggunakan mesin dan seluruh bagian sasis kendaraan dalam keadaan terpasang dan lengkap.

Biasanya, pengujian menggunakan chassis dynamometer di bagi menjadi dua yaitu :

  • Axle Dynamometer :

Pada kategori pengujian axle dynamometer, alat chassis dynamometer akan disambungkan ke as roda kendaraan sebagai input pengetesan torsi dan horsepower. Oleh sebab itu, semua roda kendaraan harus dilepas terlebih dahulu agar adaptor dari dynamometer dapat dipasang ke as roda kendaraan.

  • On-Wheel Chassis Dynamometer :

Pada kategori pengujian on-wheel dynamometer, alat chassis dynamometer akan dihubungkan pada roda kendaraan yang bertumpu pada roller sebagai input untuk pengujian torsi dan horsepower. Oleh sebab itu, pengujian dari roda disebut on-wheel dynamometer karena tidak perlu melepas velg dan ban kendaraan.

chassis dynamometer test

Chassis Dynamometer Test

Penjelasan diatas merupakan salah satu pengujian mesin menggunakan chassis dynamometer atau yang biasa disebut dengan dynotest. Dynotest adalah suatu metode pengujian menggunakan alat dynamometer untuk menganalisa torsi dan horsepower pada sebuah kendaraan. Hasil dari dynotest biasanya digunakan untuk menganalisa kekurangan mesin dan masalah pada kendaraan yang harus dimaksimalkan agar performa mesin kendaraan menjadi lebih baik dan prima.

Dalam dunia otomotif, dynotest ini sudah tidak asing lagi karena perannya yang penting dalam pengujian sebuah mesin. Seperti untuk para industri otomotif dan bengkel besar yang menyediakan layanan modifikasi kendaraan. Dan juga digunakan oleh para tuner dan pembalap untuk menguji dan menganalisa kekurangan mesin mereka.

Biasanya untuk para produsen atau industri otomotif digunakan untuk menguji mesin hasil produksi mereka sehingga bisa dipertanggung jawabkan hasil produksi mereka dengan spesifikasi yang tertulis.

Untuk para tuner dan pembalap, biasanya digunakan agar performa kendaraan mereka lebih baik, mesin dalam kondisi prima, dan menganalisa sistem pembakaran agar lebih efisien.

Untuk para masyarakat umum khususnya untuk penyuka otomotif dan modifikasi, harus menggunakan alat ini untuk menganalisa hasil modifikasi mereka efektif atau tidak? Dan memastikan peningkatan performa kendaraan mereka sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan untuk modifikasi.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan penyedia dynamometer di Indonesia. Salah satunya menjual chassis dynamometer untuk melakukan test (dynotest) mesin kendaraan seperti motor dan mobil untuk mengetahui performa mesin kendaraan mereka. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui chatting interaktif di pojok kanan bawah website ini atau menghubungi kami melalui email atau nomor telepon yang tertera.

*Sumber Gambar : superflow.com



Produk Terkait dengan artikel Chassis Dynamometer Test (Dynotest) Untuk Motor Dan Mobil

SF-880E AWD CHASSIS DYNO
SF-880E AWD CHASSIS DYNO
SF-832 AWD CHASSIS DYNO
SF-832 AWD CHASSIS DYNO
SF-849 CHASSIS DYNO
SF-849 CHASSIS DYNO
SF-832 CHASSIS DYNO
SF-832 CHASSIS DYNO