5 Tips Jitu Merawat Motor Agar Tetap Sehat

Di era modern saat ini, telah banyak tercipta kendaraan bermotor dengan berbagai merk dan bentuknya yang sangat menarik. Hingga saat ini, kendaraan bermotor dapat kita jumpai dengan mudah karena telah memenuhi jalan terutama di ibukota Negara Indonesia ini. Hal ini dipengaruhi karena kebutuhan masyarakat yang ingin cepat sampai ketujuan di bandingkan dengan mobil yang susah untuk bergerak jika volume kendaraan tinggi, selain itu kendaraan bermotor juga jadi pilihan karena harganya yang jauh lebih murah dari harga kendaraan mobil.

astrea modifikasi

Sumber : BaktiKita.com

Tips Merawat Motor

Dengan kemajuan perindustrian otomotif menyebabkan mesin canggih terlahir untuk melengkapi kekurangan sepeda motor. Maka, alangkah baiknya untuk anda meluangkan waktu untuk merawat kendaraan motor anda terutama mesin agar tetap sehat dan dapat mempermudah pekerjaan anda.

Jika ingin kendaraan anda tetap sehat dan prima setiap saat, saya punya cara atau tips merawat motor dengan baik dan benar, sebagai berikut :

  1. Untuk Sepeda Motor Baru

Saya menyarankan anda untuk memanfaatkan perawatan gratis yang ada pada saat anda membeli sepeda motor baru. Biasanya, servis dan oli gratis yang akan diberikan jika kendaraan sudah menempuh jarak 500 KM, 1000 KM, dan yang terakhir 2000 KM. Hal itu bukan semata-mata hanya bonus saja, tetapi mempunyai maksud tertentu karena kendaraan yang masih baru tidak mempunyai kesalahan pada saat perakitannya. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan untuk mengikuti prosedur servis gratis yang diberikan pada dealer jika sudah mencapai jarak yang sudah ditentukan.

Dan juga, usahakan kendaraan motor anda tidak memuat beban yang berlebih saat motor belum mencapai jarak 500 KM. Pada saat menjalankan sepeda motor, cobalah untuk secara perlahan menaikkan kecepatannya (jangan secara spontan menaikkan kecepatan sepeda motor kalian).

Khusus untuk motor bermesin 4 tak, Tuangkanlah sedikit oli pada knalpot motor anda agar tidak mengalami pengeroposan logam pada bagian dalam knalpot tersebut.

  1. Mengganti Oli Secara Rutin

Yang harus kalian perhatikan untuk merawat kendaraan bermotor adalah mengganti oli secara rutin dan tepat waktu. Biasanya keterangan pada kemasan oli yang anda beli sudah tercantum kapan waktu anda harus mengganti oli tersebut. Jika anda terlambat mengganti oli maka akan berdampak buruk pada mesin kendaraan bermotor anda. Dan kekentalan oli semakin lama akan menjadi encer dan sudah tidak sesuai standar.

Umumnya, orang akan mengganti waktu berdasarkan lamanya pemakaian motor atau berdasarkan hitungan hari atau bulan. Namun, cara seperti ini kurang efektif untuk motor anda, karena tidak setiap saat kita menggunakan motor (kadang terlalu sering dan kadang jarang dipakai). Jika terlalu cepat mengganti oli ialah pemborosan dan jika terlambat mengganti oli akan berdampak buruk kepaa mesin motor. Tips agar disiplin mengganti oli mengacu pada batas kilometer pemakaian oli tersebut akan membuat motor selalu sehat.

  1. Tune Up Dan Membersihkan Mesin Secara Rutin

Tune up mesin merupakan faktor penting untuk merawat kendaraan anda agar tetap sehat karena manfaatnya yaitu dapat mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen motor yang harus diganti karena sudah terlalu lama atau sudah tidak layak pakai. Setelan mesin motor bisa terganggu akibat ada komponen yang aus pada bagian tertentu. Oleh karenanya, harus dilakukan pengecekan secara rutin dan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel. Debu dan kotoran yang sering menempel pada bagian-bagian motor juga berpengaruh terhadap kinerja mesin motor, untuk itu harus dibersihkan saat melakukan tune up.

Untuk waktu yang ideal melakukan tune up, kalian bisa melihat pada buku petunjuk pemakaian motor atau bisa juga dengan kilometer penggunaan motor. Tetapi, jika anda rasakan motor sudah tidak nyaman digunakan, saat itu juga bisa melakukan tune up ke bengkel. Saya juga menganjurkan untuk rajin mencuci motor anda agar mencegah karat dan keropos pada bagian motor anda

  1. Tips Sebelum Menggunakan Kendaraan Anda

Biasanya, orang tidak sempat untuk memanaskan mesin terlebih dahulu karena beberapa faktor seperti terlambat ke kantor, buru-buru, dan sebagainya. Sebenarnya, sangatlah penting terutama yang ingin bepergian jauh untuk memanaskan motor anda sebelum dipakai karena untuk membiarkan oli naik dan melumasi keseluruh bagian mesin sebelum mesin di berikan beban berat.

Pada saat memanaskan kendaraan juga tidak perlu terlalu lama, cukup 5 menit saja karena memanaskan mesin terlalu lama juga tidak baik bagi mesin terutama mesin yang dilengkapi dengan pendingin udara. Kecuali untuk mesin 2 tak tidak dianjurkan memanaskan mesin karena ketika mesin dihidupkan oli samping langsung bergerak melumasi mesin tersebut.

  1. Tips Pemakaian Motor Yang Baik

Jangan sering melakukan tarikan gas secara spontan (geber-geber gas motor) karena hal tersebut dapat mempercepat keausan pada bagian tertentu seperti rantai mesin, kopling, piston, katup bahan bakar, dan stang piston. Terlebih lagi anda menggunakan mesin 4 tak, karena sistem bahan bakar kendaraan 4 tak jauh lebih rumit dan sering kali bermasalah.

Dan untuk motor manual, saya menyarankan agar menggunakan gigi sesuai dengan kecepatan yang telah di jelaskan pada buku petunjuk pemakaian motor.

Semoga kendaraan motor anda jadi lebih sehat dan terawat jika anda mengikuti anjuran dari saya ini.

Dynamometer Indonesia adalah perusahaan penyedia dynamometer di Indonesia. Semoga artikel kami bermanfaat dan jika ada hal yang ingin ditanyakan mengenai dynamometer, anda bisa langsung menghubungi kami melalui chatting interaktif yang ada pada website kami atau menghubungi kami langsung melalui email dan nomor telepon yang tertera pada website.




Produk Terkait dengan artikel 5 Tips Jitu Merawat Motor Agar Tetap Sehat

EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
EDDY CURRENT ENGINE DYNAMOMETERS
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
SF-901 WINDYN DATA ACQUISITION SYSTEM
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DTS POWERMARK DATA ACQUISITION UPGRADE
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS
DATA ACQUISITION FOR ENGINE DYNAMOMETERS